Rabu, 16 Mei 2012

mix obat parenteral


ATAS MIX ATAU TIDAK UNTUK MIX
Kompatibilitas Dari Solusi Obat parenteral


Kompatibilitas Dari parenteral? Solusi Obat
Banyak obat suntik tidak dapat dicampur bersama dalam jarum suntik atau infus.
Beberapa tidak dapat dengan aman diencerkan dalam kantong infus. Ketidaksesuaian dapat melibatkan presipitasi, reaksi ionik, evolusi gas dan denaturasi molekul biologis.
Pengetahuan tentang kompatibilitas obat yang diperlukan sebelum obat pencampuran.
Referensi teks dapat memberikan informasi, namun data sering tidak tersedia untuk obat baru.
Jika obat yang dicampur bersama, campuran harus diperiksa presipitat, kekeruhan atau perubahan warna, namun tidak semua ketidakcocokan yang terlihat.

solusi Mencampur obat parenteral umumnya tidak dianjurkan karena potensi kerugian akibat ketidakcocokan dan kegiatan dari satu atau kedua obat.
Namun, dalam beberapa situasi mungkin ada alasan kuat untuk mencampur dua atau lebih solusi obat parenteral dalam tas infus yang sama, dalam jarum suntik yang sama atau di persimpangan Y-tempat di mana dua atau lebih baris intravena bertemu.
keadaan tersebut termasuk
kesulitan dengan akses vena membatasi jumlah infus yang tersedia untuk pemberian secara terus menerus beberapa obat
beberapa obat-obatan yang membutuhkan administrasi parenteral dalam jangka waktu yang singkat seperti dalam kunjungan rumah oleh seorang dokter umum
pasien di rumah membutuhkan banyak obat infus terus menerus secara simultan di mana beberapa infus tidak layak, misalnya, penggunaan jarum suntik driver selama perawatan paliatif.

keputusan untuk campuran obat
Keputusan untuk mencampur obat-obatan tidak boleh dilakukan tanpa pengetahuan tentang kompatibilitasnya.
Jika obat intravena tidak tercampur tetapi diberikan secara berurutan, garis infus harus dibilas dengan cairan yang kompatibel melalui antara setiap administrasi.

Mekanisme Ketidaksesuaian
Obat yang endapan pada pengenceran
Pengendapan obat karena pH berubah pada saat pencampuran
reaksi ionik membentuk zat larut
Denaturasi molekul biologis
Evolusi gas

Obat yang endapan pada pengenceran
Pengendapan dari larutan obat suntikan terkonsentrasi pada saat itu diencerkan dengan air atau garam.
Namun, sejumlah kecil solusi injeksi dirumuskan dalam pelarut non-air untuk memungkinkan pembubaran zat air buruk larut dalam volume kecil. Dalam formulasi, cairan injeksi kendaraan non-air dengan air atau garam dapat menimbulkan obat.
Masalahnya adalah sering diamati ketika injeksi diazepam diencerkan.
Diazepam sangat buruk larut dalam air sehingga dirumuskan sebagai solusi injeksi dalam kendaraan terdiri dari propilen glikol 50% dan etanol 10%.
Pada awalnya, pengenceran menghasilkan sedikit yang membersihkan kekeruhan pada pencampuran, tapi pengenceran melampaui empat kali lipat menghasilkan endapan putih buram yang tidak jelas sampai dilusi lebih lanjut substansial
Obat lain yang menunjukkan masalah kelarutan dan yang dirumuskan dalam kendaraan injeksi selain sederhana larutan air termasuk digoksin, clonazepam, phenytoin, amiodarone dan phytomenadione.
Dalam beberapa kasus, pabrikan merekomendasikan pemberian obat murni.
Dalam kasus lain, perawatan harus dilakukan untuk memastikan bahwa jika solusi injeksi diencerkan, pengenceran telah memadai untuk memastikan kelarutan terus selama masa infus.

Pengendapan obat? Karena pH berubah pada saat pencampuran
Kelarutan air obat apapun ditingkatkan dengan ionisasi molekul.
Untuk molekul obat yang bertindak sebagai akseptor proton (basa Bronsted Lowry-), ionisasi ini dicapai dengan perumusan dalam larutan pH rendah biasanya sebagai hidroklorida atau garam sulfat hidrogen (misalnya, hidroklorida amiodarone atau adrenalin tartrat asam).
Sebaliknya, untuk molekul obat yang dapat kehilangan proton atau ion hidrogen (asam Lowry-Bronsted - biasanya asam organik lemah), ionisasi ini dicapai dengan perumusan dalam larutan pH tinggi, biasanya sebagai natrium atau garam kalium (misalnya,
benzilpenisilin natrium).
Setiap perubahan pH menjelang akhir lain dari skala pH akan mengurangi proporsi terionisasi terhadap obat un-terionisasi dalam larutan dan karenanya akan mengurangi daya larut air obat.
Contoh yang paling menonjol dari penurunan pH yang berhubungan dengan kelarutan adalah cairan injeksi fenitoin natrium.
Obat ini diformulasikan dengan agen solubilising non-air dan solusinya adalah disesuaikan dengan pH 12.
Pengenceran fenitoin suntik dengan menambahkannya ke kantong infus menurunkan pH sehingga mengurangi kelarutan yang mengakibatkan curah hujan obat.
Glukosa larutan infus 5%, yang memiliki pH 4,3-4,5, akan memicu fenitoin segera.
Memang, injeksi phenytoin sangat kompatibel yang umumnya tidak boleh dicampur dengan solusi lain.


Reaksi ionik membentuk? Zat larut
Garam kation monovalen, seperti sodium dan kalium, umumnya lebih mudah larut dibandingkan dengan kation divalen, seperti kalsium dan magnesium.
Mencampur larutan yang mengandung ion kalsium atau magnesium memiliki risiko besar membentuk kalsium larut atau garam magnesium.
magnesium sulfat 50% Mixing dan kalsium klorida hasil% 10 dalam pengendapan kalsium sulfat larut.
Pencampuran garam obat kalsium, dan untuk magnesium tingkat lebih rendah, dengan fosfat, karbonat, bikarbonat, tartrates atau sulfat juga harus dihindari.
Sebuah peringatan baru-baru ini telah dikeluarkan tentang pencampuran yang mengandung kalsium solusi, termasuk solusi Hartmann, dengan ceftriaxone menyebabkan pembentukan kalsium ceftriaxone larut salt.1

Denaturasi molekul biologis
zat biologis termasuk produk darah dan insulin rentan terhadap denaturasi saat terkena variasi pH dan osmolalitas.
Sedangkan data kompatibilitas diterbitkan ada untuk insulin dan beberapa produk darah, yang terakhir dipasarkan obat-obatan biologis seperti infliximab, interferon dan faktor koagulasi rekombinan tidak memiliki data tersebut tersedia dan pencampuran dengan obat-obatan lain tidak dianjurkan.

Evolusi gas
Penambahan solusi obat asam ke larutan yang mengandung karbonat atau bikarbonat dapat mengakibatkan produksi gas karbon dioksida.
Namun, evolusi gas adalah bagian normal dari pemulihan dari beberapa obat, terutama seftazidim

Gunakan bahan referensi yang dapat diandalkan
kompatibilitas yang paling dan tidak kompatibel tidak begitu mudah diprediksi.
Untuk alasan ini, keputusan untuk campuran injeksi setiap dua solusi baik dalam jarum suntik, di dalam tas infus atau di situs-Y harus didasarkan pada referensi yang dapat diandalkan.
Namun, data yang diterbitkan khusus untuk suhu, konsentrasi pelarut, ambien dan kadang-kadang komposisi kantong jarum suntik atau infus.
Sejumlah referensi, di samping untuk informasi produk pabrikan, yang tersedia.
Ini termasuk injeksi Australia Obat Buku Pegangan

CONTOH kompatibilitas OBAT
...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar