Rabu, 16 Mei 2012

PET-CT


BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang
Dewasa ini, tugas seorang farmasis bukan hanya bertugas di bidang logistik rumah sakit, apotek, atau di industri farmasi. Seorang farmasis yang ahli harus dapat bersama dengan dokter melakukan suatu keputusan pemilihan obat dan menginterpretasi data-data hasil pemeriksaan. PET/CT (Positron Emission Tomography – Computed Tomography), PET (Positron Emission Tomography), MRI (Magnetic Resonance Imaging), dan CT Scan merupakan pemeriksaan yang lazim dilakukan saat ini.

Dibandingkan dengan beberapa dekade lalu, kini peluang kesembuhan atau kelangsungan hidup yang lebih lama pasien kanker secara pasti meningkat karena bertambahnya pengetahuan dan terapi baru penanganan kanker. Salah satu penunjang perawatan kanker yang tak kalah penting adalah diagnosis yang tepat. Dengan teknologi kedokteran nuklir, kini diagnosis untuk menentukan penyebaran kanker bisa dilakukan secara akurat dengan alat Positron Emission Tomography (PET) Computed Tomography (CT)

Di makalah ini, akan dibahas salah satu alat yang belum banyak digunakan pada saat ini dalam pemeriksaan, yaitu PET/CT, sehingga nantinya farmasis dapat memahami, memakai, dan menginterpretasi data dari alat PET/CT.

1.2. Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini supaya:
·      Memahami prinsip kerja PET/CT
·      Mengetahui batasan dan bahaya pemakaian PET/CT
·      Memahami faktor-faktor kesalahan suatu hasil scan PET/CT
·      Menginterpretasikan data PET/CT

1.3. Pembatasan Masalah
Dalam penjabaran dalam makalah ini, penulis memfokuskan pada topik bahasan yang disebutkan pada sistematika penyajian makalah.

1.4. Metode Penulisan
Metode yang penulis gunakan dalam penulisan makalah ini adalah studi literatur, baik dari buku maupun dari jurnal ilmiah serta media internet.

1.5. Sistematika Penyajian
2.1.    Sejarah PET/CT
2.2.    Definisi dan Kegunaan PET/CT
2.2.1.   Definisi PET/CT
2.2.2.   Kegunaan PET/CT
2.3.       Prinsip Dasar PET/CT
2.4.       Proses Pemeriksaan PET/CT
2.5.       Keunggulan PET/CT dibanding alat pendeteksi sebelumnya
2.6.       Aplikasi Klinik Pemeriksaan PET/CT
2.7.       Penatalaksanaan Pasien dan Teknik Pemeriksaan
2.8.       Contoh dan Interpretasi
2.9.       Bahaya Alat Scan PET/CT
2.10.   Tindakan Awal  Bila Terjadi Kecelakaan
2.11.   Kelompok orang yang cocok melakukan pemeriksaan PET/CT









BAB II
POSITRON EMISSION TOMOGRAPHY – COMPUTED TOMOGRAPHY


2.1. Sejarah PET/CT
Sejarah kedokteran nuklir kaya dengan kontribusi dari para ilmuwan berbakat di seluruh disiplin ilmu yang berbeda dalam fisika, kimia, teknik, dan kedokteran. Sifat multidisiplin Kedokteran Nuklir membuat sulit bagi sejarawan medis untuk menentukan tanggal lahir Kedokteran Nuklir. Ini mungkin dapat menjadi yang terbaik ditempatkan di antara penemuan radioaktivitas buatan pada tahun 1934 dan produksi radionuklida oleh Oak Ridge National Laboratory untuk menggunakan obat terkait, pada tahun 1946.
Banyak sejarawan menganggap penemuan radioisotop buatan yang dihasilkan oleh Frédéric Joliot-Curie dan Irène Joliot-Curie pada tahun 1934 sebagai tonggak paling signifikan dalam Kedokteran Nuklir. Meskipun, penggunaan awal dari I-131 dikhususkan untuk terapi kanker tiroid, penggunaannya kemudian diperluas untuk mencakup pencitraan kelenjar tiroid, kuantifikasi fungsi tiroid, dan terapi untuk hipertiroidisme.Meluasnya penggunaan klinis Kedokteran Nuklir dimulai pada awal 1950-an, sebagai pengetahuan diperluas tentang radionuklida, deteksi radioaktivitas, dan menggunakan radionuklida tertentu untuk melacak proses-proses biokimia.
Dalam tahun-tahun Kedokteran Nuklir, pertumbuhan adalah fenomenal. Masyarakat Kedokteran Nuklir dibentuk pada tahun 1954 di Spokane, Washington, Amerika Serikat. Pada tahun 1960, Masyarakat mulai penerbitan Jurnal Kedokteran Nuklir, jurnal ilmiah terkemuka untuk disiplin di Amerika. Ada sebuah kebingungan penelitian dan pengembangan baru dan radiofarmasi radionuklida untuk digunakan dengan perangkat pencitraan dan untuk in-vitro.
Di antara banyak radionuklida yang ditemukan untuk medis digunakan, tidak ada yang sama pentingnya dengan penemuan dan pengembangan Technetium-99m. Ini pertama kali ditemukan pada tahun 1937 oleh C. Perrier dan E. Segre sebagai unsur buatan untuk mengisi ruang nomor 43 dalam Tabel Periodik. Pengembangan sistem generator untuk menghasilkan Technetium-99m pada tahun 1960 menjadi metode praktis untuk penggunaan medis. Hari ini, Technetium-99m adalah unsur yang paling dimanfaatkan dalam Kedokteran Nuklir dan digunakan dalam berbagai studi pencitraan Kedokteran Nuklir.
Pada 1980-an, radiofarmasi dirancang untuk digunakan dalam diagnosis penyakit jantung. Perkembangan tomografi emisi foton tunggal, sekitar waktu yang sama, menyebabkan rekonstruksi tiga dimensi dari jantung dan pembentukan bidang Kardiologi Nuklir. Perkembangan lebih baru dalam Kedokteran Nuklir meliputi penemuan positron emisi tomografi pertama pemindai (PET). Konsep tomografi emisi dan transmisi, kemudian berkembang menjadi emisi photon tunggal computed tomography (SPECT), diperkenalkan oleh David E. Kuhl dan Roy Edwards di akhir 1950-an. Pekerjaan mereka mengarah pada desain dan konstruksi instrumen tomografi beberapa di University of Pennsylvania. Teknik pencitraan tomografi telah dikembangkan lebih lanjut di Washington University School of Medicine.
PET dan PET / CT imaging mengalami pertumbuhan yang lambat di tahun-tahun awal karena biaya modalitas dan persyaratan untuk sebuah situs atau siklotron dekatnya. Namun, keputusan administratif untuk menyetujui penggantian medis dari aplikasi PET dan PET / CT terbatas dalam onkologi telah menyebabkan pertumbuhan fenomenal dan diterima secara luas selama beberapa tahun terakhir. PET / CT imaging sekarang merupakan bagian integral dari onkologi untuk monitoring diagnosis, pementasan dan pengobatan.
Ditemukan oleh Dr Ron Nutt dan Dr David Townsend, penemuan scanner bernama PET/CT pada tahun 2000 oleh majalah Time. Pada tahun 2001, PET/CT menjadi nama produk dalam setahun oleh Frost dan Sullivan.
Generasi pertama dari PET/CT scanner termasuk sepotong single spiral CT terintegrasi dengan kamera PET yang digunakan detektor BGO. Saat ini, konfigurasi telah berubah secara dramatis. Sekarang Anda dapat memilih antara scanner slice CT ganda terintegrasi dengan kamera high-end, tinggi-throughput PET menggabungkan kristal LSO baru dan lebih cepat, atau Anda dapat memilih 16 baris klinis canggih CT scanner terintegrasi dengan LSO high-end yang sama PET sistem.
Beberapa sistem awal diperlukan dua konsol untuk mengoperasikan sistem, satu untuk CT dan satu untuk PET, dan beberapa dari mereka dimasukkan ukuran bore pasien yang dimulai pada 70 cm untuk CT dan meruncing sampai sekitar 59 cm untuk sistem PET . Jenis sistem tidak pasien ramah, dan juga tidak akan memungkinkan untuk adaptasi mudah untuk perencanaan terapi radiasi karena pasien tidak konsisten ukuran bor.
Hari ini, hampir semua vendor telah mengatasi kekurangan ini dan sekarang menawarkan berbagai multi-slice CT konfigurasi. Semua sistem yang biasanya dioperasikan dari satu konsol kontrol dan memiliki bore 70 cm konsisten yang dapat menampung palet RT dan memberikan kenyamanan pasien yang lebih baik. Industri ini telah membuat langkah besar dalam waktu singkat untuk lebih melayani pasar PET / CT.

2.2. Definisi dan Kegunaan PET/CT
2.2.1. Definisi PET/CT
pet-ct.jpg

PET_CT.jpg hi_pet-system.jpg
Gambar 1. PET/CT scanner

PET/CT adalah modalitas yang menggabungkan Positron Emission Tomography (PET) dengan x-ray Computed Tomography (CT) dalam satu perangkat, sehingga pencitraan dari keduanya dapat diambil secara berurutan dan hasilnya dapat digabungkan dalam satu gambar.
            PET/CT adalah alat diagnostik imaging medis yang paling canggih di dunia saat ini, adalah satu-satunya teknologi yang menggunakan cara anatomi untuk melakukan pemeriksaan imaging terhadap fungsi, metabolisme dan reseptor tubuh, dapat mendeteksi dengan tepat tanpa melukai tubuh, berkemampuan diferensiasi dan sensitif yang tinggi untuk memeriksa keberadaan lesi kanker yang kecil sekalipun dan deteksi dini kanker pada stadium awal, tingkat kecermatan diagnosis mencapai di atas 90%. Pemeriksaan PET/CT mempunyai peran penting untuk penentuan rancangan pengobatan selanjutnya.
Tingkat keakuratan PET/CT terhadap diagnosis tumor/kanker yang sering ditemukan :
JENIS TUMOR/KANKER
TINGKAT KEAKURATAN
kanker paru-paru
94%
kanker kolorektal
90%
Melanoma
100%
tumor kelenjar getah bening
95%
kanker payudara
90%
kanker leher dan kepala
90%
kanker ovarium
90%

2.2.2. Kegunaan PET/CT
Pada kasus keganasan / tumor:
·         Membantu penegakan diagnosis yang lebih dini.
·         Penentuan penyebaran dan tingkatan penyakit (staging) yang lebih efektif dan akurat.
·         Penentuan perencanaan terapi yang lebih tepat.
·         Respon terhadap terapi dapat dilakukan lebih awal, sehingga perubahan rencana terapi juga dapat dilakukan lebih awal sesuai kebutuhan.
·         Penilaian kekambuhan yang dapat diketahui lebih awal.
·         Membantu dokter dalam penilaian tumor ganas atau jinak.
·         Penentuan lokasi biopsi.
·         Mengevaluasi kelainan otak, seperti tumor, gangguan memori dan kejang dan gangguan sistem saraf pusat.
·          Untuk memetakan otak manusia normal dan fungsi jantung.
Untuk penyakit jantung koroner, PET digunakan untuk menilai viabilitas miokard (apakah otot jantung yang terkena masih hidup atau tidak), sehingga dapat ditentukan apakah diperlukan tindakan yang lebih invasif (stent, byoass, graff, dll). Pemeriksaan dengan PET merupakan standar emas untuk penentuan viabilitas jantung. Selain itu, dapat juga digunakan untuk penilaian metabolisme glukosa pada otak yang dapat digunakan pada pasien dementia (pikun) atau epilepsi.

2.3. Prinsip Dasar PET/CT
Sel kanker mempunyai keistimewaan yaitu dapat berkembang biak tanpa batas, bertambahnya paduan DNA, pemakaian zat metabolisme seperti asam amino dan glukosa, dapat membuat adanya perbedaan signifikan dengan metabolisme jaringan sel normal. penangkapan gambar pada metabolisme tumor terutama melalui beberapa radio nuklida seperti 18F-FDG18F-2-fluro-D-deoxy-glucose), radio nuklida ini akan membuat metabolisme tumor tersebut mengeluarkan zat tertentu yang dapat dijadikan sebagai tanda jejak sel tumor dan menampilkan dalam bentuk gambar, sehingga dapat secara jelas memperlihatkan reaksi perbedaan metabolisme jaringan sel normal tubuh dan jaringan tumor, dengan begitu dapat mendeteksi dini tumor, pemilihan rancangan pengobatan, dan memantau hasil pengobatan.
385065_Imaging-PET-CT1-131222.jpeg
800px-PET-schema.png
PET-detectorsystem_2.png
Gambar 2. Bagian dari PET/CT scanner

2.4.Proses Pemeriksaan PET/CT
ü  TAHAP PERSIAPAN:  Pasien diminta untuk mengganti pakaian dengan gaun pasien yang sudah disediakan dan akan dilakukan pemerikssan berat badan dan level gula darah
ü  Pasien    :    6 jam sebelum pemeriksaan, dilarang makan dan minum, infus
                   glukosa serta menghindari olahraga berat
ü  Perawat :    memperkenalkan proses pemeriksaan, mengukur tinggi dan
                   berat badan, mengisi data pemeriksaan
ü  Dokter   :    menanyakan sejarah penyakit, memastikan gula darah,
                   menyetujuinya setelah mengetahui segala kondisi pasien
ü  TAHAP PENYERAPAN: Pasien akan diberikan suntikan radiotracer (FDG) dan dipersilahkan berbaring selama 1 - 1.5 jam agar cairan FDG menyerap dalam tubuh. Harus dalam keadaan tenang, tidak banyak gerak dan bicara, menguras urin sebelum pemeriksaa. Kemudian pasien akan dipindahkan ke ruang pemeriksaan.
ü  TAHAP SCANNING: Dalam tahap ini, pasien akan dibaringkan di atas meja otomatis. Scanning akan berlangsung selama 30  60 menit, tergantung dari area tubuh yang diperiksa. Oleh karena itu sebaiknya pasien mempersiapkan waktu sekitar 2-3 jam di klinik untuk menyelesaikan prosedur ini.

2.5.Keunggulan PET/CT dibanding alat pendeteksi sebelumnya
1.      Aman dan tidak luka :
Masa waktu radio nuklida yang digunakan pada saat pemeriksaan PET lebih singkat, sehingga tidak terjadi kerusakan ataupun efek samping untuk tubuh.
2.      Secara akurat mengidentifikasi tumor ganas dan tumor jinak :
Dapat secara jelas memperlihatkan tingkat keganasan tumor, juga dapat memastikan apakah tumor ada menyebar ke kelenjar getah bening maupun organ tubuh lainnya.
3.      Meringankan biaya pengobatan :
Diagnosa yang tepat melalui pemeriksaan PET/CT sehingga dapat segera dilakukan pengobatan, deteksi dini dan pengobatan dini, dapat meringankan biaya pengobatan keseluruhan.
4.      Lebih detail dengan tingkat akurasi yang lebih tinggi, karena kedua scan dilakukan pada satu waktu tanpa pasien harus mengubah posisi, ada sedikit ruang untuk kesalahan.
5.      Lebih besar kenyamanan bagi pasien yang menjalani dua ujian (CT & PET) pada satu duduk, bukan di dua waktu yang berbeda.
6.      CT-Scan memeriksa fisiknya, sedangkan PET lebih ke metabolismenya
7.      PET CT scan ini lebih efisien karena hasilnya dapat dideteksi dari ujung kaki hingga ujung kepala, sedangkan kalau CT scan saja skriningnya tidak bisa langsung seluruh badan
8.      Tingkat radiasinya jauh lebih kecil daripada CT Scan
9.      Alat ini mampu membantu para dokter lebih akurat menentukan lokasi, besar, dan penyebaran sel kanker, juga bisa menentukan keberhasilan sebuah terapi.
10.  Prosedur pemeriksaannya juga mudah, pasien hanya perlu disuntik dengan isotop di lengan satu jam sebelum diperiksa di alat PET-CT
11.  Tingkat keakuratan PET/CT terhadap diagnosis tumor/kanker yang sering ditemukan :


JENIS TUMOR/KANKER
TINGKAT KEAKURATAN
kanker paru-paru
94%
kanker kolorektal
90%
Melanoma
100%
tumor kelenjar getah bening
95%
kanker payudara
90%
kanker leher dan kepala
90%
kanker ovarium
90%

2.6. Aplikasi Klinik Pemeriksaan PET/CT
1.      Penyakit Kanker
·         Check up pencegahan kanker, sensitivitas yang tinggi dalam mendeteksi dini lesi kanker stadium awal
·         Membedakan stadium kanker dengan tepat
·         Mencari sumber kanker atau kanker primer maupun hasil penyebarannya
·         Memantau dan mengevaluasi hasil pengobatan operasi, kemoterapi dan radioterapi
2.      Penyakit Tumor
·         Mengidentifikasi tumor ganas atau jinak, serta tingkat keganasannya
·         Mengukur dengan tepat lingkup penyinaran radioterapi ke sasaran tumor
·         Membantu menentukan posisi tumor yang tepat untuk melakukan tusukan
3.      Penyakit Jantung
·         Menentukan kelainan otot jantung.
·         Menentukan viabilitas sel otot jantung.
4.      Penyakit Otak
·         Menentukan kelainan fungsi otak, misalnya penyakit degenerasi (pikun/alzheimer)
5.      Infeksi
·         Mencari lokasi infeksi yang sulit ditentukan secara klinis

2.7. Penatalaksanaan Pasien dan Teknik Pemeriksaan
Penatalaksanaan
a.       Pasien
Paparan radiasi kepada pasien dari sebuah PET/CT
scan baik eksternal, dari CT scan, dan internal, ataupun dari radiotracer PET yang disuntikkan. Oleh karena itu, beban radiasi kepada pasien dapat relatif besar, dengan efektif total dosis 25 mSv. Pengurangan dosis dapat dicapai terhadap pencitraan CT
parameter dan kegiatan
yang dilakukan dari perunut PET, ini sangat penting pada anak. Harap menghindari kontak dekat lama dengan anak-anak dan wanita hamil selama 6 jam setelah scan. Mengingat tujuan optimasi di proteksi radiasi, tujuannya adalah untuk mencapai
dosis
 minimal radiasi yang konsisten dengan kualitas gambar diagnosa dapat diterima.
Dalam kedokteran nuklir, hal ini dapat dilakukan terutama oleh:
v  Memilih radiofarmaka yang tersedia dengan tepat terutama persyaratan khusus yang berlaku untuk anak-anak
v  Akuisisi citra yang tepat serta pengolahan data
Perhatian khusus diberikan untuk pasien anak-anak karena anak-anak dikenal lebih radiosensitive untuk karsinogenesis. Optimalisasi dosis radioaktif diberikan harus serendah mungkin tetapi cukup  untuk mendapatkan informasi diagnostik yang diinginkan. Radiasi dosis kepada pasien tergantung pada faktor-faktor terkait dengan scanner PET, dalam hal ini faktor yang mempengaruhi jumlah diberikan aktivitas yang diperlukan untuk memberikan kualitas gambar cukup baik untuk menghasilkan diagnosis yang dapat dipercaya. 18F-FDG adalah radiofarmaka yang paling umum digunakan dalam PET. Misalnya, dalam kasus 18F-FDG, yang dosis dewasa per kegiatan satuan diberikan adalah 19 μSv/MBq. Hal ini menyebabkan dosis efektif  7 mSv dari 370 MBq. Organ menerima tertinggi dosis radiasi yang diserap adalah kandung kemih.

b.  Pekerja
Biasanya dipakai untuk menangani paparan radiasi pada staf dari 99mTc dan radiofarmasi lainnya dengan energi rendah, radiasi dosis dilaporkan dari PET jauh lebih tinggi. Dalam beberapa tahun terakhir paparan radiasi dari fasilitas PET/CT dan penghasil emisi positron di departemen kedokteran nuklir telah memunculkan kekhawatiran keselamatan untuk radiografer dan teknologi kedokteran nuklir. Akibatnya, dilakukan oleh pekerja yang seminim mungkin. Pendekatan ini bertujuan untuk memastikan pekerja aman pada pengoperasian  PET/CT.

Dosis staf/ pekerja harus dijaga serendah mungkin. Batas regulasi Nasional diterapkan sebagai bagian dari kontrol. Operasional perlindungan akan didasarkan pada berikut:
v  Penilaian risiko sebelum dan optimalisasi perlindungan di semua tempat kerja.
v  Delineasi daerah (terkendali / diawasi); menghindari dengan sengaja masuk ke pintu area pengoperasian.
v  Klasifikasi pekerja menjadi dua kategori (A / B) sesuai dengan dosis radiasi pengion.
v  Menginformasikan dan melakukan pelatihan pada pekerja.
v  Pemantauan paparan dan melakukan pengawasan medis.
v  Pemantauan lingkungan kerja.

Sumber FDG atau ketika pada jarak dari pasien dimana tanpa pelindung dosis radiasi pengion bisa jauh lebih tinggi, hal ini bergantung pada:
v  Dosis pengeluaran radiasi pengion,
v  Penyuntikan pasien,
v  Memposisikan pasien di tempat tidur scan
Oleh karena itu, melindungi perangkat tertentu dan
prosedur penanganan harus dikembangkancsehingga eksposur dapat dikurangi dan dikelola pada tingkat minimum.

Optimalisasi pada staf:
Dosis serap - dosis rata-rata pada jaringan atau organ adalah fungsi dari laju dosis dan dari waktu yang digunakan di dekat sumber radiasi.
v  Siapkan setiap proses yang dilakukan harus sangat hati-hati dan melakukan semua pekerjaan radioaktivitas secepat mungkin,
v  Periksa volume yang diperlukan sebelum pemberian,
v  Melakukan semua pemeriksaan pasien, memberikan jelas penjelasan dan memberikan waktu untuk mengajukan pertanyaan sebelum FDG disuntikkan,
v  Mengoptimalkan prosedur injeksi mendapatkan IV akses yang baik (misalnya kanula dengan threeway dengan suatu penekan)

Memaksimalkan jarak sumber-operator dengan cara:
v  Memanfaatkan hukum kuadrat terbalik,
v  Gunakan penjepit panjang (25-40 cm) untuk menempatkan dan menghapus botol vial tanpa pelindung di kalibrator dosis,
v  Siapkan dengan jarum spinal (20G × 90 mm),
v  Gunakan troli untuk membawa dosis dari laboratorium ke ruang suntik,
v  Hindari berada di samping pasien jika tidak terlalu penting setelah injeksi,
v  Gunakan interkom untuk berkomunikasi dengan pasien,
v  Dengan melihat jarak jauh untuk mengawasi pasien dalam ruang pemindai / scan.

Teknik Pemeriksaan
Cyclotron adalah alat untuk memproduksi FDG (fluorodeoxyglucose) yang digunakan sebagai penelusur (tracer) pada pemeriksaan PET/CT scan. Pemeriksaan PET/CT scan terutama digunakan untuk mendeteksi, penyebaran dan kambuhnya penyakit kanker, membantu dokter dalam menentukan terapi yang baik dan menilai respon terhadap terapi kanker. Penggunaan lainnya adalah untuk pemeriksaan otak, jantung, dan lain-lain.
1.      Anda harus tiba 15 menit sebelum waktu janji scan.
2.      Setelah disambut di resepsi, anggota staf akan menjelaskan prosedur.
3.      Silahkan mengajukan pertanyaan mengenai PET / CT scan sebelum dilakukan scanning. Seorang anggota staf akan mengambil riwayat medis singkat dari Anda untuk membantu dokter yang membaca scan.
4.      Anda akan diminta untuk menandatangani formulir persetujuan.
5.      Radiographer atau Technologist Kedokteran Nuklir kemudian akan menyuntikkan sejumlah kecil 18FDG (dosis rendah bentuk radioaktif dari glukosa) ke pembuluh darah di lengan Anda. Ini adalah cairan tidak berwarna yang digunakan dalam scan.
6.      Anda kemudian akan beristirahat selama sekitar 1 jam sebelum scan. Selama waktu istirahat Anda akan diminta untuk tidak berbicara, karena hal ini dapat mempengaruhi distribusi pelacak. Anda dapat membaca atau mendengarkan musik selama periode ini jadi harap membawa buku atau perangkat musik pribadi dengan Anda. Masa istirahat memungkinkan waktu tubuh untuk menerima suntikan.
7.      Anda kemudian akan diminta untuk mengunjungi toilet untuk mengosongkan kandung kemih sebelum scan. Hal ini untuk memastikan kandung kemih kosong dan memberikan pandangan yang baik dari daerah pinggul. Berikut ini Anda akan diambil melalui untuk scan anda, yang akan bertahan sekitar 30 menit. Untuk scan Anda akan diminta untuk berbaring di atas meja alat.

Gambar 3. Skema diagram kombinasu PET/CT

a.)    Prosedur PET/CT:
                                 i.      Radiofarmaka
Seperti halnya prosedur kedokteran nuklir, penting untuk membuat daftar radiofarmaka (termasuk jenis dan dosis), rute administrasi, dan tempat suntikan.
                               ii.      Scan Area
Terlepas dari apakah sebuah studi PET / CT dikodekan sebagai studi regional, dimana scan harus untuk menyampaikan area tubuh apa yang sedang dievaluasi, dan daerah mana yang terletak di luar bidang scan. Deskripsi ini harus dibuat menggunakan nomenklatur anatomi yang tepat. Sebagai contoh, banyak prosedur  untuk pencitraan pasien kanker otak dilakukan pemeriksaan dari kepala hingga leher mulai di titik tengkorak.
                             iii.      Lokalisasi waktu
Perkiraan waktu antara injeksi dan pemindaian harus diberikan. Dalam kebanyakan kasus, kisaran yang tepat, seperti 60-90 menit, namun catatan khusus harus diberikan pada kasus dimana memiliki waktu lokalisasi yang lebih pendek atau lebih panjang dari biasanya.
                             iv.      Serum glukosa darah
Serum glukosa darah harus diukur pada pasien yang menjalani FDG-PET atau PET / CT untuk mematuhi pedoman ACR. Hasil dari pengukuran serum glukosa harus dimasukkan dalam laporan. Selain relevansinya dengan interpretasi dari penelitian ini, glukosa darah penting ketika akan menindaklanjuti scan yang dilakukan di tingkat glukosa serum berbeda.
                               v.      Obat dan Intervensi
Jika obat diberikan kepada pasien sebagai bagian dari prosedur (yaitu anxiolytics, furosemid, dll) jenis, dosis, dan cara pemakaiannya perlu diperhatikan. Setiap intervensi dilakukan sebagai bagian dari prosedur ini juga harus dijelaskan, seperti penempatan kateter kemih.
                             vi.      Rincian Lain
Beberapa PET / CT menggunakan akuisisi tambahan, seperti pemindaian dada yang tertunda untuk pasien dengan nodul paru tak tentu, atau pencitraan otak khusus pada pasien dengan kecendrungan memiliki penyakit serebral. Beberapa pasien di-scan di posisi tertentu, seperti untuk perencanaan terapi radiasi, dengan menggunakan perangkat imobilisasi.
Klinis pencitraan dengan Biograph Selama umur 3 tahun perusahaan, prototipe PET/CT di University of Pittsburgh didirikan pentingnya fungsional digabungkan dan anatomi pencitraan untuk diagnosis, pentahapan dan terapi pemantauan di onkologi. Rincian dari studi klinis yang diperoleh pada prototipe dapat ditemukan di tempat lain. Sumber transmisi batang juga dihapus dan dikoreksi peredaman seluruhnya pada CT-berbasis. Sebuah desain tempat tidur pasien baru memungkinkan dikombinasikan pada  pemeriksaan PET dan CT adalah dengan jarak 145 cm. Kasur pasien terpasang di salah satu ujung untuk alas dan bergerak di floormounted rel.
Sebuah palet datar yang tersedia untuk radiasi terapi pasien, dan diameter keduanya adalah 70 cm pada  PET dan CT, pada jarak inilah akan memfasilitasi posisi pasien tersebut. Sementara secara keseluruhan panjang lorong adalah 110 cm. Akuisisi PET / CT dimulai dengan injeksi MBq 370 FDG dan jangka waktu pengambilan 60 menit. Pasien kemudian diposisikan dalam pemindai dengan bagian transaxial akan dicitrakan selaras dengan FOV dari CT. Scan awal dilakukan untuk menentukan rentang aksial dari spiral pada saat scan. Pada saat pasien diperbolehkan untuk bernapas pendek-pendek selama scanning CT.

 
                              
Gambar 4. Prosedur PET/CT

Pelindung adalah faktor yang paling penting yang mempengaruhi dosis yang terakumulasi pada jari pada saat preparasi. Pelindung pada syringe menyediakan visibilities baik, harus juga digunakan untuk suntikan. Selain itu, pelindung  juga memberikan kontribusi yang optimalisasi pada dosis tubuh, dapat melindungi lingkungan terhadap radiasi pengion yang dipancarkan. Jarum suntik tanpa pelindung tidak boleh ditangani langsung.

Proses selanjutnya dilakukan dengan menggunakan teknik khusus sistem pelindung otomatis dengan menggabungkan pengeluaran yang aman dan infus 18F-FDG juga tersedia (misalnya MEDRAD IntegoTM dan Lemer-Pax Posijet). Kedua sistem tersebut dirancang untuk menggantikan proses manual persiapan dosis dan injeksi. Namun demikian, teknik otomatis tampaknya menjadi sarana yang sangat menjanjikan menurunkan dosis yang terakumulasi pada jari (Gambar 5).
                                        
Gambar 5. Teknik khusus atau otomatis

Pemantauan pajanan pribadi pada seluruh tubuh dideteksi dengan dosimeter. Kenaikan pesat dalam 18F-FDG PET-CT studi menimbulkan pertanyaan apakah seluruh tubuh terkena paparan ekstremitas harus terus dipantau bawah batas regulasi. Pemantauan dosis staf diperlukan untuk mengkonfirmasi bahwa tingkat perlindungan tertinggi telah tercapai. Semua staf yang bekerja di fasilitas PET-CT harus memakai sebuah dosimeter pribadi (meliputi OSL, TLD, film badge, dosimeter elektronik). Selain itu, staf mempersiapkan dan menyuntikkan dosis FDG harus memakai dosimeter pada jari untuk menunjukkan bahwa dosis setara tidak melebihi dalam batas 500 mSv per tahun.
Gambar 6. Perlindungan tubuh terhadap paparan

Dosimeter harus dipakai secara rutin dan pada posisi yang tepat. Evaluasi kerja mengharuskan semua pengguna untuk memakai dosimeter mereka setiap hari dan selalu dalam tempat yang sama. Dosimeter cincin harus dipakai dengan jari yang sama dan dalam orientasi yang sama sehubungan dengan sumber radiasi. Karena hampir seluruh bagian terbuka dari tangan kemungkinan besar yang terkena paparan  berada pada ujung telunjuk dan jari tengah. Sebuah faktor pengali secara empiris dapat diterapkan untuk dosis yang dicatat oleh dosimeter cincin tergantung di sisi mana dari tangan dosimeter tersebut elemen dipakai.

2.8.Contoh dan Interpretasi
Kasus 1
Seorang wanita 54 tahun dengan riwayat serviks kanker dirujuk untuk sebuah studi PET/CT sebelum untuk menerima terapi radiasi untuk kambuh. Itu scan (Gambar 4a, b, c) mengungkapkan fokus serapan FDG di dua node dinding samping kiri panggul belum dicatat pada terakhir klinis CT. Pemindaian juga menunjukkan ringan FDG serapan di daerah para-aorta di tingkat T-11 (tidak ditampilkan). Hasil tersebut bisa berpotensi memodifikasi rencana terapi radiasi pengobatan.
Gambar 7. Kasus 1

Kasus 2
Seorang pria 73 tahun dengan riwayat usus besar kanker telah menjalani sigmoidectomy dan kemoterapi. Sebuah PET pemeriksaan klinis 2 bulan sebelum PET/CT telah dibaca seperti biasa. Sebuah CT scan terakhir menunjukkan lesi hati mungkin dan abnormal para-aorta node. PET/CT pemeriksaan jelas menunjukkan serapan intens FDG (fluorine-18 fluorodeoxy glucose) dalam kanan anterior para-aorta kelenjar getah bening (Gambar 5a, b, c), dan dalam lesi hati (Gambar 5d, e, f), baik sesuai dengan keganasan.
Gambar 8. Kasus 2
Dari semua kanker, kanker paru-paru adalah yang paling sering dan yang paling mematikan. Predisposisi faktor untuk kanker ini termasuk merokok dan pasif merokok, asbes, polusi udara dan paparan radon. Pada kanker paru-paru jarang atau bahkan tidak memiliki gejala; pada kesempatan lain gejala dapat bervariasi dan meliputi: terus menerus batuk, dispnea, ketidaknyamanan dada, hemoptisis, suara serak, anoreksia dan berat badan turun tanpa diketahui penyebabnya.
NSCLC (non-small cell lung cancer) terdiri dari beberapa kanker (misalnya adenokarsinoma, karsinoma sel skuamosa dan karsinoma sel besar) dan masing-masing memiliki sendiri karakteristik. Untuk sebagian besar pasien dengan NSCLC, perawatan saat ini tidak menyembuhkan kanker. NSCLC dapat didiagnosis atau dikeluarkan oleh menggunakan berbagai alat diagnostik dan teknik, termasuk pemeriksaan fisik, x-ray dada, CT, sputum sitologi, jarum halus aspirasi, bronkoskopi dan PET-CT. Hampir semua jenis NSCLC adalah FDG avid. Gambar 3 menggambarkan sebuah FDG scan pada pasien dengan NSCLC. Menggunakan klasifikasi stadium TNM [10], ini pasien memiliki T2, N0, M0.
Gambar 9. Hasil scan pasien dengan NSCLC

*         Contoh normal Report # 1 - Limfoma Negatif
Nama Pasien          :    Smith, John V
Tanggal Ujian        :    __/__/__
MRN / DOB          :    123456-7
Pemeriksaan           :    18F-FDG PET / CT Scan, Skull Base untuk Mid-Paha
Riwayat Medis      :    Restaging limfoma folikuler, status pasca kemoterapi
                                    selesai pada 2004
Prosedur                 :
12,5 MCI (18F)-fluorodeoxyglucose diberikan secara intravena melalui vena antecubital benar. Untuk memungkinkan untuk distribusi dan pengambilan radiotracer, pasien diperbolehkan beristirahat selama 60-90 menit di ruang terlindung. Pencitraan dilakukan pada integrated 16-slice PET / CT scanner, dengan pemindaian dari dasar tengkorak ke paha pertengahan. Serum darah glukosa pada saat injeksi itu diukur pada 104 mg / dL. CT scan dilakukan tanpa bahan kontras oral atau intravena.
Perbandingan         :    Sebelumnya PET/CT dilakukan 7/10/07 dan CT
                                    dilakukan 5/4/07
Temuan                  :   
Kepala dan Leher:
Tidak ada hipermetabolisme nodal di leher. Ukuran divisualisasikan, otak yang normal dalam penampilan pada CT.

Dada:
Tidak ada hipermetabolisme nodal di dada. Ada sedikit perubahan dari emphysema centrilobular di apeks paru-paru. Tidak ada nodul paru.

Perut dan Pelvis:
Tidak ada hipermetabolisme nodal dalam rantai retroperitoneal atau panggul. Limpa adalah normal dalam ukuran dan aviditas FDG.
Catatan ringan terbuat dari batu kecil di lumen kandung empedu, tanpa bukti CT kolesistitis.

Muskuloskeletal:
Pengambilan sumsum berada dalam kisaran normal.
Kesan                     :    Tidak ada bukti limfoma berulang

*         Contoh normal Laporan # 2 - SPN Negatif
Nama Pasien          :    Smith, John V
Nomor Rekord       :    123456-7
Pemeriksaan           :    PET / CT Dasar tengkorak ke paha pertengahan
Tanggal Pengujian :    __/__/__
Riwayat Medis      :
Mr Smith adalah seorang pria berusia 64 tahun yang kebetulan ditemukan memiliki nodul lobus kanan atas paru di dada x-ray.

CT pada 07/01/2008 menunjukkan 10 mm, halus, nodul non klasifikasi pada lobus kanan atas. Tidak ada adenopati hilus atau mediastinum.

Pasien memiliki riwayat merokok 40tahun, dan tidak ada sejarah kanker. Pasien dirujuk untuk PET / CT untuk karakterisasi metabolik dari nodul untuk menentukan kemungkinan keganasan.

Radiofarmaka: F-18 fluorodeoxyglucose (FGD) 15.0 mCi IV.
Studi Perbandingan:   CT Thorax 07/01/2008
Prosedur                 :
Pasien yang berpuasa sebelumnya memiliki kadar glukosa dalam darah adalah 100 mg/dL. Pasien diposisikan di pemindai PET/CT sekitar 60 menit setelah injeksi radiofarmaka. Non-kontras, CT scan diakuisisi dari dasar tengkorak melalui wilayah inguinal. Scan emisi 3D dari daerah yang sama diperoleh pada 6 posisi selama 12 menit. Gambar dalam transaxial, koronal, dan sagital.
Temuan                  :
Kepala dan leher:
Tidak ada adenopati serviks. Fisiologis FDG serapan terlihat pada orofaring, kelenjar ludah, dan laring.

Thorax:
Pada permukaan halus seluas 10 x 12 mm, nodul non kalsifikasi di lobus atas paru kanan yang tidak berubah dibandingkan dengan CT pada 07/01/2008, dan tidak menunjukkan serapan FDG. Tidak ada nodul paru-paru lainnya atau kelainan parenkim yang signifikan. Tidak ada supraklavikula atau adenopati. Tidak ada adenopati hilus atau mediastinum. Normal FDG serapan terlihat sepanjang kedua paru-paru. Terdapat  kelainan pleura atau perikardial. Fisiologis FDG serapan dicatat di dalam hati. Kaliber aorta dada adalah normal. Tiroid
kelenjar adalah normal.

Perut dan panggul:
Tidak ada adenopati atau hipermetabolisme nodal di perut atau panggul. Hati, kandung empedu, pankreas, dan limpa adalah normal. Ada tidak ada nodul adrenal. Ekskresi FDG terlihat secara Fisiologis dalam ginjal dan kandung kemih. Pada aorta perut adalah normal.

Muskuloskeletal:
FDG aktivitas normal terlihat dalam kerangka aksial. Tidak ada lesi litik blastic atau dicatat pada CT.
Kesan                     :
10 x 12 mm kanan lobus atas paru nodul dilihat pada CT tidak menunjukkan serapan FGD di atas latar belakang daerah, menunjukkan etiologi (jinak). Sebagai kelas rendah keganasan paru seperti karsinoma bronchoalveolar mungkin tidak hipermetabolik di PET, CT menindaklanjuti dianjurkan untuk menjamin stabilitas nodul.

2.9.Bahaya Alat Scan PET/CT
PET dan CT scan merupakan prosedur yang telah digunakan selama puluhan tahun dan terbukti memiliki efek samping minimal. Namun tetap saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Kedua jenis pemindaian ini melibatkan penggunaan radiasi. CT scan mungkin sedikit meningkatkan risiko perkembangan kanker. Namun, risiko ini sangat kecil dibanding dengan manfaat CT scan itu sendiri.
CT scan harus digunakan hanya ketika memang diperlukan. Wanita hamil atau menyusui harus menginformasikan dokter sebelum menjalani PET atau CT scan.
Pada tahun 2009, US Food and Drug Administration (FDA) menyelidiki kasus paparan radiasi berlebihan terkait dengan CT scan. Menurut FDA, paparan yang berlebihan mungkin tidak terdeteksi selama pemindaian sehingga menempatkan pasien pada peningkatan risiko jangka panjang radiasi. FDA menyediakan daftar dosis radiasi yang direkomendasikan untuk mencegah paparan radiasi yang berlebih.

2.10.        Tindakan Awal  Bila Terjadi Kecelakaan
Pemantauan pajanan pribadi seluruh tubuh menggunakan dosimeter sangat penting. Kenaikan pesat dalam 18F-FDG PET/CT studi menimbulkan pertanyaan apakah seluruh tubuh dan eksposur ekstremitas sedang dipertahankan bawah batas regulasi. Pemantauan dosis staf diperlukan untuk mengkonfirmasi bahwa tingkat perlindungan tertinggi telah tercapai. Semua staf yang bekerja di fasilitas PET/CT harus memakai sebuah dosimeter pribadi (OSL, TLD, film badge, dosimeter elektronik). Selain itu, pada saat staf mempersiapkan dan menyuntikkan dosis FDG harus memakai dosimeter pada jari, untuk menunjukkan bahwa dosis setara tidak melebihi tahunan batas 500 mSv. Regular eksposur dekat dengan batas tersebut tidak sesuai dengan yang ALARA prinsip mendasar.

Risiko
Karena dosis radiotracer dikelola kecil, prosedur diagnostik kedokteran nuklir menyebabkan paparan radiasi rendah, yang dapat diterima untuk uji diagnostik. Dengan demikian, risiko radiasi sangat rendah dibandingkan dengan manfaat potensial. Prosedur diagnostik pada nuklir kedokteran telah digunakan selama lebih dari lima dekade. Risiko dari pengobatan selalu dibandingkan terhadap manfaat potensial dari kedokteran nuklir yang digunakan untuk terapi. Sebelumnya oleh staf akan diberitahu tentang semua risiko yang mungkin terjadi sebelum perlakuan. Reaksi alergi terhadap radiofarmasi dapat terjadi tetapi sangat jarang dan biasanya ringan.  Namun demikian, Anda harus menginformasikan kepada staf kedokteran nuklir tentang segala alergi yang mungkin Anda miliki atau masalah lain yang mungkin terjadi selama pemeriksaan kedokteran nuklir sebelumnya.
Injeksi radiotracer dapat menyebabkan rasa sakit sedikit dan kemerahan yang cepat harus diselesaikan. Pada wanita hamil atau yang sedang menyusui, harus selalu memberitahu dokter atau teknolog radiologi, jika ada kemungkinan apapun.


2.11.        Kelompok orang yang cocok melakukan pemeriksaan PET/CT
ü  Penanda tumor yang tidak normal
ü  Ada sejarah keluarga yang terkena kanker
ü  Orang yang sering kontak dengan zat karsinogen atau zat penyebab kanker
ü  Orang yang mempunyai riwayat penyakit yang mudah berubah menjadi kanker
ü  Penderita kanker yang ingin mengetahui lebih lanjut sesuatu yang berkaitan dengan penyakitnya atau keadaan kankernya
ü  Check up kesehatan untuk memeriksa tumor bagi orang berusia 30 tahun ke atas






















KESIMPULAN


Positron Emission Tomography – Computed Tomography (PET - CT) adalah suatu alat kedokteran di bidang pemeriksaan diagnostik radiologi , yang menggabungkan Positron Emission Tomography (PET) dengan x-ray Computed Tomography (CT) dalam satu perangkat, sehingga pencitraan dari keduanya dapat diambil secara berurutan dan hasilnya dapat digabungkan dalam satu gambar. PET/CT merupakan teknologi yang menggunakan cara anatomi untuk melakukan pemeriksaan imaging terhadap fungsi, metabolisme dan reseptor tubuh, dapat mendeteksi dengan tepat tanpa melukai tubuh, berkemampuan diferensiasi dan sensitif yang tinggi untuk memeriksa keberadaan lesi kanker yang kecil sekalipun dan deteksi dini kanker pada stadium awal, tingkat kecermatan diagnosis mencapai di atas 90%.
Prinsip dari penggunaan alat ini adalah penangkapan gambar pada metabolisme tumor terutama melalui beberapa radio nuklida seperti 18F-FDG18F-2-fluro-D-deoxy-glucose), radio nuklida ini akan membuat metabolisme tumor tersebut mengeluarkan zat tertentu yang dapat dijadikan sebagai tanda jejak sel tumor dan menampilkan dalam bentuk gambar, sehingga dapat secara jelas memperlihatkan reaksi perbedaan metabolisme jaringan sel normal tubuh dan jaringan tumor, dengan begitu dapat mendeteksi dini tumor, pemilihan rancangan pengobatan, dan memantau hasil pengobatan.
Alat ini telah terbukti memiliki efek samping minimal, tetapi terdapat resiko dalam menggunakan alat ini sebagai pengobatan atau terapi, yaitu reaksi alergi terhadap radiofarmasi dapat terjadi tetapi sangat jarang dan biasanya ringan; injeksi radiotracer dapat menyebabkan rasa sakit sedikit dan kemerahan yang cepat harus diselesaikan; pada wanita hamil atau yang sedang menyusui, harus selalu memberitahu dokter atau teknolog radiologi, jika ada kemungkinan apapun.



DAFTAR PUSTAKA

______.[http://www.news-medical.net/health/History-of-Nuclear-Medicine-(Indonesian).aspx] Diakses 25 Februari 2012 pk00:51.
Anna, Lusia Kus. 2011. Teknologi Nuklir Bantu Dokter Intip Kanker. [http://health.kompas.com/read/2011/06/24/14295115/Teknologi.Nuklir.Bantu.Dokter.Intip.Kanker] Diakses 7 Maret 2012 pk07:31.
Cancer Website of Modern Hospital GuangZhou. [http://www.cancerhospital.co.id/treatment/equipments/92.html] Diakses 5 April 2012 pk00:28.
PETNET Solutions. [http://www.petscaninfo.com/zportal/portals/phys/petct/history] Diakses 5 April 2012 pk01:18.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar