Rabu, 16 Mei 2012

MRI


Apakah MRI Tubuh?

MRI lutut - samping (lateral) tampilan.

MRI lutut
Magnetic Resonance Imaging (MRI) adalah tes medis invasif yang membantu dokter mendiagnosa dan mengobati kondisi medis.
MRI menggunakan medan magnet yang kuat, pulsa frekuensi radio dan komputer untuk menghasilkan detil gambar organ, jaringan lunak, tulang dan hampir semua struktur tubuh internal lainnya. Gambar kemudian dapat diperiksa pada monitor komputer, dikirimkan secara elektronik, dicetak atau disalin ke CD. MRI tidak menggunakan radiasi pengion (sinar X).
Detil MR gambar memungkinkan dokter untuk lebih mengevaluasi berbagai bagian tubuh dan menentukan adanya penyakit tertentu yang tidak dapat dinilai secara memadai dengan metode pencitraan lain seperti x-ray, USG atau computed tomography (juga disebut CT, MDCT atau pemindaian CAT) .
Apakah kegunaan umum prosedurnya?
MRI tubuh dilakukan untuk mengevaluasi:
  • organ dada dan perut-termasuk jantung, hati , saluran empedu , ginjal , limpa , usus, pankreas dan kelenjar adrenal.
  • panggul organ termasuk organ reproduksi pada pria (prostat dan testikel) dan perempuan (rahim, leher rahim dan ovarium).
  • pembuluh darah (MR Angiografi).
  • payudara.
Dokter menggunakan pemeriksaan MR untuk membantu mendiagnosa atau memantau pengobatan untuk kondisi seperti:
  • tumor dari perut, dada atau panggul.
  • beberapa jenis masalah jantung.
  • penyumbatan, pembesaran atau varian anatomis pembuluh darah, termasuk aorta, arteri ginjal, dan arteri di kaki.
  • penyakit hati, seperti sirosis dan tumor, dan organ perut lainnya, termasuk saluran empedu, kandung empedu, dan saluran pankreas.
  • penyakit pada usus besar, rektum usus kecil, dan anus.
  • kista dan tumor solid pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih.
  • tumor dan kelainan lain pada organ reproduksi (misalnya, rahim, ovarium, testis, prostat).
  • penyebab nyeri panggul pada wanita, seperti fibroid, endometriosis dan adenomiosis.
  • dicurigai kelainan bawaan rahim pada wanita yang menjalani evaluasi untuk infertilitas.
  • kanker payudara dan implan.
  • penilaian janin pada wanita hamil.
Bagaimana saya harus mempersiapkan diri untuk prosedur ini?
Anda mungkin diminta untuk mengenakan gaun selama ujian atau Anda mungkin akan diizinkan untuk memakai pakaian Anda sendiri jika longgar dan tidak memiliki kancing logam.
Pedoman tentang makan dan minum sebelum pemeriksaan MRI bervariasi dengan ujian spesifik dan juga dengan fasilitas. Kecuali Anda diberitahu jika tidak, Anda dapat mengikuti rutinitas harian Anda dan mengambil makanan dan obat-obatan seperti biasa.
Beberapa pemeriksaan MRI mungkin memerlukan pasien untuk menerima suntikan bahan kontras ke dalam aliran darah. Para ahli radiologi atau teknolog mungkin bertanya jika Anda memiliki alergi apapun, seperti alergi terhadap yodium atau x-ray bahan kontras, obat-obatan, makanan, lingkungan, atau asma. Namun, bahan kontras paling umum digunakan untuk pemeriksaan MRI, yang disebut gadolinium , tidak mengandung yodium dan kurang cenderung menyebabkan efek samping atau reaksi alergi.
Ahli radiologi juga harus tahu jika Anda memiliki masalah kesehatan yang serius atau jika Anda baru saja menjalani operasi. Beberapa kondisi, seperti penyakit ginjal berat dapat mencegah Anda diberi bahan kontras untuk MRI. Jika ada riwayat penyakit ginjal, mungkin perlu untuk melakukan tes darah untuk menentukan apakah ginjal berfungsi secara memadai.
Wanita harus selalu memberitahu dokter atau teknolog jika ada kemungkinan bahwa mereka hamil. MRI telah digunakan untuk pemindaian pasien sejak tahun 1980-an dengan tidak ada laporan mengenai efek buruk pada wanita hamil atau bayi mereka. Namun, karena bayi akan berada dalam medan magnet yang kuat, wanita hamil tidak harus memiliki ujian ini kecuali potensi manfaat dari pemeriksaan MRI diasumsikan lebih besar daripada risiko potensial. Wanita hamil seharusnya tidak menerima suntikan bahan kontras. Lihat halaman Keselamatan untuk informasi lebih lanjut tentang kehamilan dan MRI.
Jika Anda memiliki claustrophobia (takut ruang tertutup) atau kecemasan, Anda mungkin ingin meminta dokter Anda untuk resep untuk obat penenang ringan sebelum pemeriksaan dijadwalkan.
Perhiasan dan aksesoris lain harus ditinggalkan di rumah jika mungkin, atau dihapus sebelum scan MRI. Karena mereka dapat mengganggu medan magnet dari unit MRI, logam dan benda-benda elektronik tidak diperbolehkan di ruang ujian. Item ini meliputi:
  • perhiasan, jam tangan, kartu kredit dan alat bantu dengar, semua yang bisa rusak.
  • pin, jepit rambut, resleting logam dan barang logam yang sama, yang dapat mendistorsi gambar MRI.
  • dilepas gigi kerja.
  • pena, pocketknives dan kacamata.
  • tubuh tindikan.
Dalam kebanyakan kasus, ujian MRI aman untuk pasien dengan implan logam, kecuali beberapa jenis. Orang-orang dengan implan berikut tidak dapat dipindai dan tidak boleh memasuki area pemindaian MRI kecuali secara eksplisit diinstruksikan untuk melakukannya oleh ahli radiologi atau teknolog yang menyadari kehadiran salah satu dari berikut:
  • internal (implan) defibrilator atau alat pacu jantung
  • koklea (telinga) implan
  • beberapa jenis klip digunakan pada otak aneurisma
  • beberapa jenis kumparan logam ditempatkan dalam pembuluh darah
Anda harus memberi tahu teknolog jika Anda memiliki perangkat medis atau elektronik dalam tubuh Anda, karena mereka dapat mengganggu ujian atau berpotensi menimbulkan risiko, tergantung pada sifat dan kekuatan magnet MRI. Contohnya termasuk tetapi tidak terbatas pada:
  • buatan katup jantung
  • infus obat port ditanamkan
  • ditanamkan perangkat elektronik, termasuk alat pacu jantung
  • buatan anggota badan atau prostesis sendi metalik
  • ditanamkan stimulator saraf
  • logam pin, sekrup, pelat, stent atau staples bedah
Secara umum, benda logam yang digunakan dalam bedah ortopedi tidak menimbulkan risiko selama MRI. Namun, sendi buatan baru-baru ini ditempatkan mungkin memerlukan penggunaan lain prosedur pencitraan. Jika ada pertanyaan dari kehadiran mereka, x-ray dapat diambil untuk mendeteksi keberadaan dan mengidentifikasi setiap benda logam.
Pasien yang mungkin memiliki benda logam di bagian-bagian tertentu dari tubuh mereka juga mungkin memerlukan sebuah x-ray sebelum MRI. Anda harus memberitahukan teknolog atau ahli radiologi dari setiap pecahan peluru, peluru, atau potongan lainnya dari logam yang mungkin ada dalam tubuh Anda akibat kecelakaan. Pewarna yang digunakan dalam tato mungkin mengandung zat besi dan dapat memanas selama MRI, tetapi hal ini jarang masalah. Gigi tambalan dan kawat gigi biasanya tidak terpengaruh oleh medan magnet tetapi mereka mungkin mendistorsi gambar daerah wajah atau otak, sehingga ahli radiologi harus menyadari dari mereka.
http://www.radiologyinfo.org/images/10-images/BrownBearWithCap.jpgBayi dan anak kecil biasanya membutuhkan sedasi atau anestesi untuk menyelesaikan ujian MRI tanpa bergerak. Apakah seorang anak membutuhkan sedasi akan tergantung pada usia anak dan jenis ujian yang dilakukan. Sedasi moderat dan sadar dapat disediakan di fasilitas paling. Seorang dokter atau perawat yang mengkhususkan diri dalam pemberian obat penenang atau anestesi untuk anak-anak akan tersedia selama ujian untuk memastikan keselamatan anak Anda. Anda akan diberikan instruksi khusus bagaimana mempersiapkan anak Anda untuk sedasi atau anestesi.
Apakah peralatan itu?
Unit MRI tradisional adalah tabung berbentuk silinder besar dikelilingi oleh sebuah magnet melingkar. Anda akan berbaring di meja pemeriksaan bergerak yang dapat digeser ke tengah magnet.
Beberapa unit MRI, yang disebut pendek membosankan sistem , dirancang agar magnet tidak sepenuhnya mengelilingi Anda, yang lainnya adalah terbuka pada sisi (MRI terbuka). Unit-unit ini sangat membantu untuk memeriksa pasien yang takut berada di ruang tertutup dan bagi mereka yang sangat obesitas. Baru unit MRI terbuka memberikan gambar berkualitas sangat tinggi untuk berbagai jenis ujian, namun, membuka unit MRI dengan magnet yang lebih tua tidak dapat menyediakan kualitas gambar yang sama. Beberapa jenis ujian tidak dapat dilakukan dengan menggunakan MRI terbuka. Untuk informasi lebih lanjut, tanyakan pada ahli radiologi.
Workstation komputer yang memproses informasi imaging terletak di ruang yang terpisah dari pemindai.
Bagaimana cara kerja prosedur?
Tidak seperti konvensional x-ray dan computed tomography (CT) scan, MRI tidak tergantung pada radiasi pengion. Sebaliknya, sementara di magnet, gelombang radio redirect sumbu proton berputar, yang merupakan inti atom hidrogen, dalam medan magnet kuat.
Medan magnet yang dihasilkan dengan melewatkan arus listrik melalui kumparan kawat di unit MRI paling. Koil lainnya, yang terletak di mesin dan dalam beberapa kasus, ditempatkan di sekitar bagian tubuh yang dicitrakan, mengirim dan menerima gelombang radio, menghasilkan sinyal yang terdeteksi oleh kumparan.
Sebuah komputer kemudian memproses sinyal dan menghasilkan serangkaian gambar yang masing-masing menunjukkan irisan tipis tubuh. Gambar kemudian dapat dipelajari dari sudut yang berbeda oleh ahli radiologi menafsirkan.
Sering, diferensiasi yang abnormal (berpenyakit) jaringan dari jaringan normal lebih baik dengan MRI dibandingkan dengan modalitas pencitraan lain seperti x-ray, CT dan USG.
Bagaimana prosedur ini dilakukan?
Pemeriksaan MRI dapat dilakukan pada pasien rawat jalan atau rawat inap.
Anda akan diposisikan di atas meja pemeriksaan bergerak. Tali dan guling dapat digunakan untuk membantu Anda tetap diam dan mempertahankan posisi yang benar selama pencitraan.
Perangkat yang berisi gulungan mampu mengirim dan menerima gelombang radio dapat ditempatkan di sekitar atau berdekatan dengan daerah tubuh yang sedang dipelajari.
Jika bahan kontras akan digunakan dalam pemeriksaan MRI, seorang perawat atau teknolog akan menyisipkan (IV) intravena baris ke pembuluh darah di tangan atau lengan. Sebuah larutan garam dapat digunakan. Solusi ini akan menetes melalui infus untuk mencegah penyumbatan dari infus sampai bahan kontras disuntikkan.
Anda akan dipindahkan ke magnet dari unit MRI dan ahli radiologi dan teknolog akan meninggalkan ruangan sementara pemeriksaan MRI dilakukan.
Jika bahan kontras digunakan selama pemeriksaan, maka akan disuntikkan ke dalam jalur intravena (IV) setelah serangkaian awal scan. Seri tambahan gambar akan diambil selama atau setelah injeksi.
Ketika pemeriksaan selesai, Anda mungkin diminta untuk menunggu sampai teknolog atau ahli radiologi memeriksa gambar dalam kasus gambar tambahan diperlukan.
Jalur intravena Anda akan dihapus.
Ujian MRI umumnya meliputi beberapa berjalan (urutan), beberapa yang dapat berlangsung beberapa menit.
Tergantung pada jenis ujian dan peralatan yang digunakan, ujian seluruh biasanya diselesaikan dalam 15 sampai 45 menit.
Apa yang akan saya alami selama dan setelah prosedur ini?
Sebagian besar pemeriksaan MRI adalah tanpa rasa sakit. Namun, beberapa pasien merasa tidak nyaman untuk tetap diam selama MRI. Lainnya mengalami rasa yang tertutup dalam (claustrophobia). Oleh karena itu, sedasi dapat disediakan untuk mengantisipasi pasien yang cemas, tapi kurang dari satu dalam 20 orang memerlukannya.
Hal yang biasa bagi daerah tubuh Anda yang diperiksa akan merasa sedikit hangat, tetapi jika mengganggu Anda, beritahu radiolog atau radiografer. Adalah penting bahwa Anda tetap diam sementara gambar yang sedang direkam, yang biasanya hanya beberapa detik untuk beberapa menit pada suatu waktu. Untuk beberapa jenis pemeriksaan, Anda mungkin diminta untuk menahan nafas. Anda akan tahu kapan gambar akan diproses karena Anda akan mendengar bunyi ketukan atau dentuman ketika kumparan yang menghasilkan pulsa Radiofrequency diaktifkan. Anda akan dapat untuk bersantai antara urutan pencitraan, tetapi akan diminta untuk mempertahankan posisi Anda tanpa gerakan sebanyak mungkin.
Anda biasanya akan sendirian di ruang ujian selama prosedur MRI. Namun, teknolog akan dapat melihat, mendengar dan berbicara dengan Anda setiap saat dengan menggunakan interkom dua arah. Banyak pusat-pusat MRI memungkinkan seorang teman atau orang tua untuk tinggal di ruangan selama mereka juga diperiksa untuk keamanan di lingkungan magnetik.
http://www.radiologyinfo.org/images/10-images/BrownBearWithCap.jpgAnda mungkin ditawarkan atau Anda dapat meminta penutup telinga untuk mengurangi kebisingan dari MRI scanner, yang menghasilkan suara keras berdebar keras dan bersenandung selama pencitraan. Anak-anak akan diberikan penutup telinga berukuran tepat atau headphone selama ujian. MRI scanner ber-AC dan cukup terang. Beberapa scanner memiliki musik untuk membantu Anda melewatkan waktu.
Ketika bahan kontras disuntikkan, itu adalah normal untuk merasakan kesejukan dan sensasi pembilasan selama satu menit atau dua. Jarum intravena dapat menyebabkan Anda beberapa ketidaknyamanan saat dimasukkan dan setelah itu dihapus, Anda mungkin mengalami beberapa memar. Ada juga kesempatan yang sangat kecil iritasi kulit Anda di tempat penyisipan tabung infus. Beberapa pasien mungkin merasakan rasa logam dalam mulut mereka setelah injeksi kontras.
Jika Anda belum dibius, tidak ada periode pemulihan diperlukan. Anda dapat melanjutkan aktivitas yang biasa dan makanan normal segera setelah ujian. Beberapa pasien mengalami efek samping dari bahan kontras, termasuk mual dan nyeri lokal. Sangat jarang, pasien yang alergi terhadap bahan kontras dan mengalami gatal, mata gatal atau reaksi lainnya. Jika Anda mengalami gejala alergi, memberitahukan teknolog. Seorang ahli radiologi atau dokter lain akan tersedia untuk bantuan segera.
Produsen kontras intravena menunjukkan ibu tidak boleh menyusui bayi mereka selama 24-48 jam setelah media kontras diberikan. Namun, kedua College Amerika Radiologi (ACR) dan Masyarakat Eropa catatan Radiologi urogenital bahwa data yang tersedia menunjukkan bahwa aman untuk terus menyusui setelah menerima kontras intravena. ACR Manual Kontras menyatakan Media:
"Tinjauan literatur menunjukkan tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa konsumsi oral oleh bayi dari jumlah kecil menengah kontras gadolinium diekskresikan ke dalam ASI akan menyebabkan efek toksik. Kami percaya, karena itu, bahwa data yang tersedia menunjukkan bahwa aman bagi ibu dan bayi untuk terus menyusui setelah menerima seperti agen.
Jika ibu tetap khawatir tentang potensi efek buruk, ia harus diberi kesempatan untuk membuat keputusan mengenai apakah untuk melanjutkan atau sementara berpantang dari menyusui setelah menerima media kontras gadolinium. Jika ibu menginginkannya, dia mungkin menjauhkan diri dari menyusui selama 24 jam dengan ekspresi aktif dan membuang ASI dari kedua payudara selama periode itu. Untuk mengantisipasi ini, dia mungkin ingin menggunakan pompa payudara untuk mendapatkan susu sebelum studi kontras untuk memberi makan bayi selama periode 24-jam setelah pemeriksaan. "
Siapa yang menafsirkan hasil dan bagaimana cara mendapatkannya?
Seorang ahli radiologi, dokter khusus terlatih untuk mengawasi dan menafsirkan pemeriksaan radiologi, akan menganalisis gambar dan mengirim laporan ditandatangani ke perawatan primer atau dokter merujuk, yang akan berbagi hasil dengan Anda.
Tindak lanjut pemeriksaan sering diperlukan, dan dokter Anda akan menjelaskan alasan yang tepat mengapa ujian lain diminta. Kadang-kadang pemeriksaan lanjutan ini dilakukan karena temuan yang mencurigakan atau dipertanyakan perlu klarifikasi dengan pemandangan tambahan atau teknik pencitraan khusus. Pemeriksaan tindak lanjut mungkin diperlukan sehingga setiap perubahan kelainan yang dikenal dapat dideteksi dari waktu ke waktu. Tindak lanjut pemeriksaan kadang-kadang cara terbaik untuk mengetahui apakah pengobatan bekerja atau jika kelainan stabil dari waktu ke waktu.
Apa manfaat vs risiko?
Manfaat
  • MRI adalah teknik pencitraan non-invasif yang tidak melibatkan paparan radiasi pengion.
  • Gambar MR dari struktur jaringan lunak tubuh-seperti hati, jantung dan organ lainnya-adalah lebih mungkin dalam beberapa kasus untuk mengidentifikasi dan akurat ciri penyakit daripada metode pencitraan lain. Detail ini membuat MRI alat bantu dalam diagnosis dini dan evaluasi lesi fokal banyak dan tumor.
  • MRI telah terbukti bermanfaat dalam mendiagnosis berbagai kondisi, termasuk kanker, jantung dan penyakit pembuluh darah , dan kelainan otot dan tulang.
  • MRI memungkinkan penemuan abnormalitas yang mungkin dikaburkan oleh tulang dengan metode pencitraan lain.
  • MRI memungkinkan dokter untuk menilai sistem bilier noninvasively dan tanpa injeksi kontras.
  • Bahan kontras yang digunakan dalam pemeriksaan MRI kurang cenderung menghasilkan reaksi alergi dari bahan kontras yodium berbasis digunakan untuk konvensional x-ray dan CT scan.
  • MRI menyediakan noninvasif alternatif untuk x-ray, angiografi dan CT untuk mendiagnosis masalah jantung dan pembuluh darah.
Risiko
  • Pemeriksaan MRI tidak menimbulkan hampir tanpa resiko rata-rata pasien ketika pedoman keselamatan yang tepat diikuti.
  • Jika digunakan sedasi ada risiko sedasi berlebihan. Para teknolog atau perawat memonitor tanda-tanda vital Anda untuk meminimalkan risiko ini.
  • Meskipun medan magnetik yang kuat tidak membahayakan dalam dirinya sendiri, perangkat medis implan yang mengandung logam kerusakan mungkin atau menyebabkan masalah selama ujian MRI.
  • Ada risiko sangat sedikit reaksi alergi jika bahan kontras disuntikkan. Reaksi ini biasanya ringan dan mudah dikendalikan oleh obat. Jika Anda mengalami gejala alergi, ahli radiologi atau dokter lain akan tersedia untuk bantuan segera.
  • Fibrosis sistemik nephrogenic saat ini menjadi diakui, tapi jarang, komplikasi dari MRI diyakini disebabkan oleh suntikan dosis tinggi bahan kontras gadolinium pada pasien dengan fungsi ginjal yang sangat miskin.
Apa keterbatasan MRI Tubuh?
Gambar berkualitas tinggi dijamin hanya jika Anda dapat tetap diam atau menahan nafas, jika diminta untuk melakukannya, sementara gambar yang sedang direkam. Jika Anda cemas, bingung atau sakit parah, Anda mungkin merasa sulit untuk berbaring diam selama pencitraan.
Seseorang yang sangat besar mungkin tidak muat ke dalam pembukaan mesin MRI konvensional.
Kehadiran sebuah implan atau benda logam lainnya kadang-kadang membuatnya sulit untuk mendapatkan gambar yang jelas. Gerakan pasien dapat memiliki efek yang sama.
Pernapasan dapat menyebabkan artifak , atau gambar distorsi, selama MRI dari perut, dada dan panggul. Gerak usus adalah sumber lain gerak artefak di perut dan panggul studi MRI. Ini sebenarnya bukan masalah dengan negara-of-scanner seni dan teknik.
Meskipun tidak ada alasan untuk percaya bahwa pencitraan resonansi magnetik merugikan janin, ibu hamil biasanya disarankan untuk tidak menjalani pemeriksaan MRI kecuali diperlukan secara medis.
MRI mungkin tidak selalu membedakan antara jaringan kanker dan edema cairan.
MRI biasanya biaya lebih dan dapat mengambil lebih banyak waktu untuk melakukan dari modalitas imaging lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar